Koordinasi Pelaksanaan Posyandu Balita di Adaptasi Kebiasaan Baru

Dalam rangka mendukung pelaksanaan kegiatan Posyandu Balita, UPT Puskesmas Kraton melakukan Koordinasi Pelaksanaan Posyandu Balita di masa Adaptasi Kebiasaan Baru.

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 3 (tiga) hari, dimulai dari hari Selasa sampai Rabu, 28-30 Juli 2020 di Ruang Tunggu UPT Puskesmas Kraton. Peserta yang hadir dalam kegiatan diantaranya Lurah, Ketua RW, dan Ketua Posyandu dari Kelurahan Panembahan, Kelurahan Kadipaten, dan Kelurahan Patehan.

Tamu undangan pada hari Selasa, 28 Juli 2020 yaitu dari Kelurahan Panembahan RW 4 sampai RW 18. Pada Hari Rabu, 29 Juli 2020 yaitu dari Kelurahan Panembahan RW 1 sampai RW 3, dan Kelurahan Patehan. Pada hari terakhir, Kamis 30 Juli 2020 yaitu dari Kelurahan Kadipaten.

Kegiatan dilaksanakan mulai pukul 15.30 sampai dengan selesai. Sambutan disampaikan oleh Kepala UPT Puskesmas Kraton, drg. Eny Purdiyanti. Adapun narasumber dari kegiatan ini adalah Nutrisionist UPT Puskesmas Kraton, Wiwi Herenopilah, S.Gz.

Materi yang disampaikan yaitu Panduan Pelaksanaan Posyandu Pada Masa Tanggap Darurat Covid-19 Di Wilayah Kecamatan  Kraton Kota Yogyakarta yang mengacu pada  Surat Edaran Kepala  Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Nomor : 440/ 3929 tentang Panduan Pelayanan Gizi di Kota Yogyakarta pada masa Tanggap Darurat Covid-19.

Disampaikan bahwa kegiatan pemantauan pertumbuhan balita di Posyandu dilaksanakan dengan metode Kunjungan Rumah (sweeping) dengan tetap memegang teguh Protokol Kesehatan, antara lain :

  • Kader/ Petugas menggunakan masker
  • Ibu balita dan anggota keluarga lain yang ada menggunakan masker
  • Jaga jarak
  • Wajib cuci tangan pakai sabun atau memakai hand sanitizer sebelum dan sesudah kegiatan

Dengan diadakannya kegiatan tersebut, diharapkan bahwa Posyandu Balita tetap berjalan lancar dengan tetap memperhatikan dan mematuhi protokol kesehatan.