Sapa Warga di Wilayah Kelurahan Patehan

Selasa, 25 Agustus 2020, dilakukan Sapa Warga di Wilayah Kelurahan Patehan, Kecamatan Kraton. Sapa warga dilakukan oleh petugas dari Satpol PP, Dinas Kesehatan, dan Linmas Kota Yogyakarta bekerjasama dengan Forum Kecamatan (Kecamatan Kraton, Kelurahan Patehan, Polsek, Koramil, Puskesmas Kraton) dan Forum Kampung Panca Tertib.

Kegiatan Sapa Warga dilaksanakan sebagai upaya memutus mata rantai penularan COVID-19 dengan cara memberikan edukasi kepada masyarakat agar selalu mengikuti protokol kesehatan, antara lain selalu memakai masker, jaga jarak, rajin cuci tangan menggunakan sabun dan handsanitizer, meningkatkan daya tahan tubuh dengan konsumsi makanan gizi seimbang, cukup istirahat, cukup minum, rutin olahraga, serta tidak merokok.

Kegiatan diawali dengan koordinasi untuk menentukan rute yang akan dilalui. Tujuan pertama adalah Alun-alun Kidul. Petugas memberikan edukasi tentang Adaptasi Kebiasaan Baru kepada masyarakat yang sedang berolahraga di area tersebut. Perjalanan dilanjutkan ke arah daerah Kampung Nagan menuju Pasar Ngasem. Di Pasar Ngasem, Petugas memberikan edukasi kepada para penjual dan pembeli agar selalu menggunakan masker dan mematuhi protokol kesehatan lainnya. Setelah dari Pasar Ngasem, tujuan selanjutnya adalah resto angkringan, edukasi Adaptasi Kebiasaan Baru dilakukan untuk para pedagang dan pembeli. Tujuan terakhir adalah Tamansari. Dalam kunjungan di Tamansari , Petugas melakukan pengecekan protokol kesehatan yang sudah diterapkan dan melakukan edukasi kepada pengunjung untuk selalu mengikuti protokol kesehatan yang diberlakukan.