Bulan Imunisasi Anak Sekolah UPT Puskesmas Kraton

UPT Puskesmas Kraton melaksanakan kegiatan Bulan Imunisasi Anak Sekolah atau BIAS. BIAS adalah salah satu bentuk kegiatan dari imunisasi lanjutan pada anak sekolah. Manfaat dari BIAS adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi. Imunisasi yang dilaksanakan adalah imunisasi MR, DT, Td, dan HPV.

Imunisasi MR adalah imunisasi yang diberikan untuk mencegah terjadinya penyakit yang disebabkan oleh virus campak dan rubella. Imunisasi Dt adalah imunisasi yang diberikan untuk mencegah penyakit infeksi seperti difteri, tetanus. Sedangkan imunisasi Td merupakan imunisasi lanjutan dari imunisasi Dt agar anak semakin kebal dengan penyakit infeksi tersebut. Sedangkan imunisasi HPV (human papillomavirus) diberikan untuk anak perempuan. Pemberian vaksin HPV dilakukan untuk mencegah penyakit kanker serviks yang disebabkan oleh infeksi HPV.

Sasaran dari BIAS yang dilakukan oleh UPT Puskesmas Kraton adalah anak usia sekolah dasar atau sederajat yang bersekolah di sekolah dasar atau sederajat yang terdapat di wilayah Kecamatan Kraton.

BIAS dilaksanakan melalui 2 (dua) tahap, yaitu :

  • Tahap I ( Agustus – September 2020 )

Pada tahap ini, imunisasi yang diberikan yaitu :

      • Imunisasi MR untuk anak usia sekolah dasar atau sederajat kelas 1 (satu)
      • Imunisasi HPV untuk anak perempuan usia sekolah dasar atau sederajat kelas 5 (lima) dan 6 (enam)
  • Tahap II ( November 2020 )

Pada tahap ini, imunisasi yang diberikan yaitu :

      • Imunisasi DT untuk anak usia sekolah dasar atau sederajat kelas 1 (satu)
      • Imunisasi Td untuk anak usia sekolah dasar atau sederajat kelas 2 (dua) dan 5 (lima)

Di tengah Pandemi COVID 19, pelaksanaan BIAS oleh UPT Puskesmas Kraton tetap memperhatikan Protokol Kesehatan. Upaya yang dilakukan untuk pencegahan penyebaran COVID 19 antara lain Petugas BIAS UPT Puskesmas Kraton menggunakan APD atau alat perlindungan diri, serta guru, anak, dan pendamping anak menggunakan masker. Selain itu juga melakukan pengecekan suhu badan serta cuti tangan menggunakan sabun dan pemberian cairan hand sanitizer kepada seluruh petugas, guru, anak, dan pendamping anak. Kemudian melakukan skrining COVID 19 kepada petugas BIAS UPT Puskesmas Kraton, guru yang bertugas, serta anak dan pendamping anak. Untuk menghindari kerumunan, pihak sekolah membuat jadwal kehadiran anak secara bertahap (shift) serta menata kursi tunggu dengan jarak minimal satu meter.

Adapun alur dari pelaksanaan BIAS UPT Puskesmas Kraton adalah sebagai berikut :

  1. Pendaftaran

Petugas di bagian pendaftaran akan melakukan pendaftaran pada anak dengan mengisi formulir Penjaringan Kesehatan Pemeriksaan Peserta Didik, skrining sebelum imunisasi, dan skrining COVID 19 pada anak dan pendamping anak.

  1. Pemeriksaan Dokter

Dokter akan memeriksa anak dan melakukan skrining kesehatan untuk menentukan apakah imunisasi dilakukan atau ditunda.

  1. Imunisasi

Bidan akan memberikan imunisasi pada anak.

  1. Pemantauan setelah dilakukan imunisasi

Setelah vaksin diberikan, dilakukan pemantauan selama 30 menit. Selama pemantauan akan dilakukan skrining Kesehatan anak, seperti pemeriksaan gigi dan mulut yang dilakukan oleh dokter gigi dan atau perawat gigi, serta pengecekan tinggi badan dan berat badan.

Apabila terdapat anak yang ditunda atau tidak hadir, imunisasi akan dilaksanakan di UPT Puskesmas Kraton. Imunisasi MR diberikan setiap hari Rabu untuk anak kelas 1 (satu). Imunisasi HPV diberikan setiap hari untuk anak perempuan kelas 5 (lima) dan 6 (enam).