Menjanga Kesehatan Jantung

Jantung adalah organ tubuh yang bekerja 24 jam pada tubuh yang bertugas memompa darah ke seluruh tubuh. Mengingat bahwa jantung merupakan organ vital yang bekerja tanpa henti, sangat penting untuk menjaga Kesehatan jantung. Hal ini dilakukan untuk mencegah berbagai macam penyakit jantung.

Menjaga kesehatan jantung dapat dilakukan dengan beberapa langkah sederhana, seperti menjalani gaya hidup dan pola makan yang sehat. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung, yaitu:

  1. Mengonsumsi Makanan Sehat

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan mengonsumsi makanan sehat.

Makanan yang kaya akan serat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) yang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega-3 dapat membantu mencegah penyakit jantung.

Selain itu juga mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi dan menghindari kalori berlebih. Kurangi mengonsumsi minuman kaleng dengan pemanis buatan yang banyak mengandung kalori kosong dan tinggi bahan pengawet. Sebagai gantinya, perbanyak makan sayur dan buah secara rutin. Serta mengganti camilan atau makanan ringan dengan kacang-kacangan yang mengandung protein dan lemak sehat.

  1. Berolahraga Rutin

Berolahraga rutin sekitar 20 – 30 menit setiap hari sangat baik untuk kesehatan jantung. Jenis olahraga sederhana yang dapat dilakukan seperti jalan kaki, jogging, berenang, atau sekadar naik-turun tangga.

  1. Menghindari Rokok

Perokok memiliki risiko yang jauh lebih tinggi untuk terkena penyakit jantung koroner. Tidak hanya perokok sendiri, orang-orang di sekitarnya yang menghirup asap rokok (perokok pasif) juga lebih berisiko mengalami penyakit tersebut.

Hal ini karena zat beracun pada rokok dapat merusak pembuluh darah jantung, sehingga lama kelamaan aliran darah pada jantung menjadi terganggu. Akibatnya, fungsi jantung juga akan terganggu karena kekurangan oksigen dan nutrisi.

  1. Menghindari Stress

Ketika stres, detak jantung akan meningkat, otot menegang, dan tekanan darah menjadi naik. Jika hal ini berlangsung dan dibiarkan dalam waktu yang lama, tentu akan memengaruhi kesehatan jantung Anda.

Salah satu contoh yang dapat dilakukan untuk menghindari stress yaitu  bersantai sambil menikmati udara segar untuk melepas penat sejenak dari segala aktivitas atau kepenatan saat bekerja. Bisa juga mengombinasikan aktivitas santai namun menyehatkan jantung seperti bersepeda.

  1. Istirahat Cukup

Orang dewasa membutuhkan waktu istirahat minimal 7–8 jam dalam satu hari. Kurang beristirahat bisa meningkatkan risiko penyakit seperti darah tinggi, diabetes, serta serangan jantung.

 

Dari berbagai sumber.