Vaksinasi Massal di Kota Yogyakarta

Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta mengadakan Vaksinasi Massal. Sasaran vaksinasi massal di Kota Yogyakarta 19.897 jiwa menjadi target yang akan divaksin. Jumlah tersebut terdiri dari 8.144 pedagang Pasar Beringharjo dan sekitarnya, 2.600 masyarakat sekitar Malioboro dan Alun-alun Utara, serta 9.153 pegawai toko yang ada di sepanjang kawasan Malioboro.

Kegiatan Vaksinasi Massal diselenggarakan di tiga titik, yaitu Taman Parkir Abu Bakar Ali, Pasar Beringharjo, dan Benteng Vredeburg.

Pelaksanaan Vaksinasi Massal melibatkan tenaga kesehatan dari 18 Puskesmas dan 11 rumah sakit di Kota Yogyakarta serta 2 klinik Polri.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 6 hari berturut-turut dan dibagi menjadi dua tahap. Diselenggarakan mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB. Setiap harinya, tenaga Kesehatan yang bertugas dibagi menjadi 2 shift, yaitu shift pagi dimulai pukul 08.00 – 12.00 WIB dan shift siang dimulai pukul 12.00 – 16.00 WIB.

Vaksin Sinovac disuntikkan 2 kali. Suntikan pertama untuk memicu respons kekebalan awal terhadap vaksin yang diberikan. Suntikan kedua dapat meningkatkan kekuatan respons imun yang sebelumnya sudah terbentuk.

Vaksinasi Massal Dosis pertama dilaksanakan pada tanggal 1 sampai dengan 6 Maret 2021. Dosis kedua dilaksanakan 14 hari setelah penyuntikan vaksin, dilaksanakan pada tanggal 15 sampai dengan 20 Maret 2021.

Terdapat pengecualian jadwal penyuntikan vaksin dosis kedua untuk penerima vaksin dengan kriteria Lanjut Usia atau diatas 60 tahun. Untuk Lansia, penyuntikan vaksin dosis ke 2 diberikan 28 hari setelah penyuntikan vaksin dosis pertama. Vaksinasi massal dosis kedua untuk Lansia akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 3 April 2021 di Benteng Vredeburg.

Puskesmas Kraton ikut berperan seta dalam kegiatan Vaksinasi Massal di Pasar Beringharjo. Terdapat 3 tim yang dikirim. Setiap tim terdiri dari Petugas Registrasi, Dokter, Perawat, Bidan, dan Petugas Observasi, serta petugas Logistik.