Tips Sehat Selama Puasa

Ibadah Puasa di Bulan Ramadhan merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh seluruh Umat Muslim. Bulan Puasa merupakan moment memperbanyak ibadah dan amalan. Selain itu, penting juga untuk menjaga Kesehatan tubuh selama berpuasa.

Beberapa tips menjalani puasa :

  1. Menjaga asupan makanan

Pada saat sahur dan berbuka puasa, makan makanan yang bergizi seimbang untuk mengganti energi saat berpuasa. Lengkapi menu sahur dan buka puasa dengan makanan yang kaya akan karbohidrat kompleks sebagai sumber energi, protein yang dapat menjaga daya tahan tubuh, dan serat untuk melancarkan pencernaan.

Pada saat berbuka, disarankan untuk mengawalinya dengan makan yang manis seperti kurma. Perlu diperhatikan juga untuk menghindari makanan yang tinggi lemak. Apabila saat perut kosong dan mengonsumsi makanan berlemak, kinerja saluran pencernaan akan terganggu karena karena lemak adalah salah satu zat gizi yang sulit dan lama dicerna.

Selain itu juga hindari makanan yang terlalu banyak mengandung gula, serta minuman seperti teh, kopi, dan soda. Minuman yang mengandung kafein seperti kopi memiliki sifat diuretic yang dapat memicu produksi urin lebih banyak, sehingga dapat menyebabkan dehidrasi.

  1. Minum air putih secara teratur

Asupan cairan pun harus diperhatikan. Minum air putih minimal 8 gelas sehari agar tubuh tidak dehidrasi.

Saat berpuasa, penuhi kebutuhan cairan dengan pola 2-4-2, yaitu :

  • Minum 2 gelas air saat sahur
  • Minum 4 gelas air saat berbuka
  • Minum 2 gelas air sebelum tidur
  1. Tetap berlolahraga

Berolahraga selama puasa tetap bisa dilakukan. Olahraga sebaiknya dilakukan menjelang atau sesudah berbuka puasa.

Lakukan olahraga 3-5 kali dalam seminggu dengan durasi 15-30 menit. Pilih olahraga yang ringan dan tidak mengeluarkan banyak keringat, seperti olahraga sirkuit, yoga, atau angkat beban ringan di rumah.

  1. Istirahat cukup

Usahakan untuk tidur dan beristirahat dengan cukup, serta hindari begadang. Ganti tidur malam yang kurang dengan tidur siang atau tidur awal di malam hari.

Beri jeda sekitar 2 (dua) jam antara olahraga dan makan dan tidur.

 

Dari bebagai sumber.