Insomnia

Gambaran Umum

Insomnia adalah gangguan tidur yang dapat menyebabkan sulit untuk tertidur, sulit untuk tetep tertidur, atau menyebabkan bangun terlalu dini dan tidak dapat kembali tidur.

Gejala

Adapun gejala dari insomnia yaitu :

  • Kesulitan tidur di malam hari
  • Tidak merasa cukup istirahat setelah tidur malam
  • Kelelahan atau kantuk di siang hari
  • Iritabilitas, depresi, atau kecemasan
  • Kekhawatiran yang berkelanjutan tentang tidur

Penyebab

Beberapa penyebab umum dari insomnia antara lain :

  • Stress. Kekhawatiran tentang kesehatan, keuangan, keluarga, atau pekerjaan dapat membuat pikiran menjadi aktif di malam hari sehingga membuat sulit untuk tidur
  • Perjalanan dan Jadwal Pekerjaan. Jet lag setelah melakukan pejalanan melintasi beberapa zona waktu atau berkerja dalam shift juga dapat mengganggu ritme tubuh
  • Kebiasaan tidur yang buruk. Kebiasaan tidur yang buruk seperti waktu tidur yang tidak teratur, tidur siang yang terlalu lama, tempat tidur yang kurang nyaman, makan, dan ¬†menonton TV atau Smartphone sebelum tidur dapat mengganggu siklus tidur
  • Makan terlalu banyak di malam hari. Makan terlalu banyak dapat menyebabkan ketidaknyamanan saat berbaring dan dapat menyebabkan tubuh tetap terjaga

Faktor Risiko

  • Wanita. Pergeseran hormonal selama siklus menstruasi dan menopause dapat menjadi salah satu penyebab insomnia. Selain itu insomnia juga umum terjadi pada ibu hamil
  • Usia diatas 60 tahun. Perubahan pola tidur dan Kesehatan dapat menjadi salah satu faktor resiko insomnia
  • Gangguan Kesehatan Mental atau Konsisi Kesehatan Fisik. Masalah yang memengarhi Kesehatan mental atau fisik dapat mengganggu tidur

Pencegahan

Kebiasaan tidur yang baik dapat membantu mencegah insomnia dan meningkatkan kualitas tidur

  • Jaga agar waktu tidur dan bangun secara konsisten hari ke hari, termasuk akhir pekan
  • Tetap aktif, aktivitas teratur membantu meningkatkankualitas tidur malam
  • Batasi waktu tidur siang
  • Hindari atau batasi kafein dan alcohol, dan nikotin
  • Hindari makan dan minum dalam jumlah banyak sebelum tidur, biasakan untuk tidur 2 jam setelah makan
  • Buat kamar tidur menjadi nyaman

 

Sumber : https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/insomnia/symptoms-causes/syc-20355167